The Power of Our Brain

Posted: 12 May 2017 in KESEHATAN

IMG_20170205_074907

Dalam kesempatan kali ini kita akan memasuki sebuah pembahasan yang sangat penting untuk masa depan kita semua. Dalam hal ini akan saya bahas mengenai sebuah Organ yang istilahnya sebagai “Pemerintahan” dalam tubuh kita yaitu Brain. “The Power of Our Brain”. Dimana otak juga sama halnya seperti otot, mengapa? Karena untuk dapat meningkatkan sebuah Kecerdasan Otak, diperlukan berbagai latihan otak.

(1) Kunci dari “Keberhasilan” berawal dari sebuah “Konsentrasi”.
Biasakan untuk “Sarapan pagi” mengapa? Karena sarapan pagi akan menggantikan glukosa dalam tubuh yang berkurang setelah tubuh tidak mendapat pasokan nutrisi selama 8-12 jam saat kita tertidur di malam hari. Sehingga “Sarapan pagi” sangat menentukan tingginya daya konsentrasi, daya ingat, dan Kecerdasan Emosional.

(2) Belajar sebanyak mungkin dan membaca cepat.
Dengan teknik membaca cepat, otak kita akan dilatih secara cepat sehingga komunikasi antar sel saraf pun akan terbiasa terstimulasi dan terlatih secara cepat dalam menerima berbagai informasi dengan mengingat hal-hal yang dibaca dan menggunakan alam bawah sadar.

(3) Mempelajari sesuatu dengan menggerakkan tubuh. Karena saat itu, akan semakin membantu dalam hal pemahaman, berpikir secara abstrak, melatih konsentrasi dengan keseimbangan fisik dan koordinasi.

(4) Mengolah “Kecerdasan Emosional” (EQ) . Dengan menjaga keseimbangan hati dan pikiran, segala informasi akan diterima lalu diteruskan dengan sangat baik dan cepat oleh sel saraf/neuron juga menjauhkan dari berbagai macam penyakit, sehingga ketenangan hati sangat dibutuhkan oleh otak dan tubuh kita. Karena pada saat itu, gelombang otak sedang memasuki gelombang alpha, yaitu pada saat “Relaksasi”, dengan frekwensi alpha 8-12 hz, yang merupakan frekwensi pengendali dan penghubung alam pikiran sadar dan bawah sadar. Sehingga dengan demikian ilmu yang kita serap akan lebih mudah masuk dan disimpan kedalam memori jangka panjang.

(5) Tarik Nafas Yang Dalam.
Menarik nafas yang dalam melalui hidung dan mengeluarkannya melalui mulut. Hal tersebut akan meningkatkan suplai Oksigen dalam darah dan tentunya jaringan otak. Karena kadar oksigen yang rendah di dalam darah akan mengurangi fungsi otak sehingga menyebabkan keterlambatan dalam berpikir.

(6) Olahraga.
Salah satu contoh: Jogging. Sediakan waktu untuk berolahraga walaupun hanya sekali dalam seminggu. Manfaat yang sangat banyak akan kita peroleh dari kegiatan tersebut. Salah satunya produksi hormon endorfin dalam tubuh saat kita berolahraga akan menimbulkan perasaan nyaman dan bahagia juga meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga akan semakin meningkatkan pertahanan tubuh juga kecepatan dalam berpikir.

(7) Nutrisi Otak (Jenis makanan spesial untuk otak).
Coklat sebagai sumber yang kaya akan tryptophan, yaitu prekusor asam amino untuk serotonin, yang menimbulkan suasana hati menjadi tenang dan bahagia (kecerdasan emosional). Kandungan berikutnya yaitu Flavonoid yang juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya memori.

Asam lemak Omega 3 yang terkandung dalam sejumlah makanan seperti ikan juga sangat berperan penting dalam kecerdasan, serta kuning telur yang kaya akan kandungan Kolin sangat berpengaruh dalam membantu perkembangan Memori/Daya Ingat. Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi air mineral yang cukup karena tubuh dan otak sebagian besar berisi cairan sehingga akan meningkatkan kinerja terutama otak secara maksimal.

(8) Dan terakhir, “Menghafal”.
Salah satunya menghafal Al-Qur’an. Memori manusia tidak ada batas penyimpanan di dalamnya. Itulah salah satu Kebesaran Allah. Dengan menghafal Al-Qur’an, seluruh Sistem Saraf akan terus dilatih untuk mengamati, menyimpan memori serta mengingat kembali (Muraja’ah).
Perlu diketahui, sering menghafal tidak menyebabkan otak kelelahan, justru mempertajam dalam “Kekuatan Berpikir”. Dengan menghafal, maka komunikasi antar sel saraf akan terus berlangsung melalui stimulasi secara terus menerus yang terpacu dengan cepat, sehingga otak akan selalu aktif bekerja dan meningkatkan “Ketajaman Intelegensia” (IQ).

(By: @dr.shindyputri)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s