MANFAATKAN WAKTU UNTUK “BERAMAL”

Posted: 19 February 2017 in Sifat-sifat Baik

Dari Abu Hurairah RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

“Seseorang diantara kalian tidak boleh mengharapkan mati. Jika dia orang yang baik, (dengan panjang umur itu) mudah-mudahan dia bisa menambah (kebaikannya). Tetapi jika dia orang yag buruk, (dengan panjang umur itu) mudah-mudahan dia bisa bertaubat (dari dosa-dosanya).” (HR. Bukhari, lafadh itu baginya dan Muslim)

Syaikh Utsaimin رحمه الله mengatakan:
“Berapapun banyaknya amal saleh yang telah kau lakukan, jangan kau merasa ujub (takjub) dengan amal-amalmu. Karena amal-amalmu itu tetap saja sedikit, bila dibandingkan dengan hak Allah yang harus kau tunaikan untuk-Nya”. (Syarah Riyadhus Sholihin, 1/575)

“Waktu manusia adalah umurnya yang sebenarnya. Waktu tersebut adalah waktu yang dimanfaatkan untuk mendapatkan kehidupan yang abadi, penuh kenikmatan dan terbebas dari kesempitan dan adzab yang pedih. Ketahuilah bahwa berlalunya waktu lebih cepat dari berjalannya awan (mendung). Barangsiapa yang waktunya hanya untuk ketaatan dan beribadah pada Allah, maka itulah waktu dan umurnya yang sebenarya. Selain itu tidak dinilai sebagai kehidupan, namun hanya teranggap seperti kehidupan binatang ternak.” (Ibnul Qoyyim)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s