Agar Allah Bukakan Hati dan Allah Berikan Hikmah

Posted: 12 February 2017 in Knowledge

screenshot_2017-02-06-02-25-50-1

Agar mata hati terbuka, sehingga kita bisa melihat hal ihwal dunia dengan lebih jernih dan berkata-kata dengan mutiara hikmah.

Imam Syafi’i -rohimahulloh- mengatakan:
“Siapa yang ingin Allah bukakan hatinya, dan Allah berikan hikmah kepadanya, maka hendaklah dia berkholwat (menyendiri dengan ibadah), mengurangi makan, dan tidak bergaul dengan orang-orang yang bodoh dan sebagian ulama yang tidak memiliki sikap obyektif dan tidak memiliki adab”. [Manaqib Imam Syafi’i lil Baihaqi 2/172]

[[ Kenyang atau banyak makan:
“Kenyang itu akan membuat badan jadi berat, mengeraskan hati, menghilangkan kecerdasan, mengajak tidur dan melemahkan ibadah.” (Imam Syafi’i) ]]

Ibarat pandangan seseorang kepada sesuatu yang sangat besar, semakin dia jauh dari benda itu, maka semakin menyeluruh pula pandangan dia terhadap sesuatu tersebut.

Begitu pula pandangan kita terhadap dunia, semakin kita menjauh dari dunia, kita akan dapat memandang hakekat dunia itu dengan lebih menyeluruh.

Apalagi bila Allah memberikan kita setitik ilmu-Nya karena kedekatan kita dengan-Nya, tentu akan semakin jelas pandangan mata hati kita terhadap dunia ini dan semakin lengkap pengetahuan kita tentangnya.

“Yang berbangga dengan dunia, ia akan capek menjadi budak dunia, ia akan capek menjadi budaknya,” (Buya Yahya).

Pesan imam Syafi’i tidak menafikan bermasyarakat, karena bisa saja seseorang bermasyarakat dan memberikan kebaikan kepada orang lain di siang hari, di malam harinya dia berkholwat atau menyendiri dengan khusyu’ beribadah kepada Allah, wallohu a’lam.

(Oleh: Ustadz Musyaffa’ Ad Dariny, MA)  #Editing

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s