BERDZIKIR 

Posted: 6 November 2016 in Knowledge


Dzikir adalah santapan hati dan ruh, apabila keduanya tidak mendapatkan santapan, maka bagaikan badan tak dapatkan makanan.

Jangan tunggu hati bersih untuk berdzikir, tetapi dzikirlah untuk membersihkan hati.

Hati menjadi berkarat karena dua hal yaitu lalai dan dosa. Sedangkan cemerlangnya hati karena dua hal yaitu istigfar dan dzikir.

Rasulullah SAW bersabda: “Ketika suatu kaum duduk dalam suatu majlis dan tidak ingat kepada Allah, kelak mereka akan menyesal. Dan ketika seseorang berjalan pada suatu perjalanan tidak juga ingat kepada Allah, merekapun kelak akan menyesal (merugi). Dan ketika seseorang berbaring di kasurnya, tidak berdzikir kepada Allah, ia pasti akan menyesal”. (HR. Ahmad)

Hitunglah (dzikir) itu dengan ruas-ruas jari karena sesungguhnya (ruas-ruas jari) itu akan ditanya dan akan dijadikan dapat berbicara (pada hari kiamat). (HR. Abu Dawud dan At- Tirmidzi)

Rasulullah SAW bersabda: “Dua kalimat yang ringan di lisan, berat dalam timbangan dan dicintai oleh Ar-Rahman, Subhanallahi wabihamdihi, Subhanallahil ‘azhim”. (HR. Bukhari dan Muslim)

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.
(Q.S Ar-Ra`d: 28)

Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (Q.S An-Nisā’: 103)

….Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Q.S Al-`Ankabūt: 45)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s