​KEMANA NASIHATMU YANG DULU?

Posted: 20 August 2016 in RICAN

Dulu kamu yang pertama mengingatkan dan bahkan menasihati saya, tapi kenapa sekarang kamu malah terjebak lagi?

Saya selalu memikirkan ini, entah kenapa…

Karena anehnya adalah kemana nasihatmu yang dulu?

Apa kamu sudah lupa?

Nasihat itu memang sudah lama, terlalu lama, yaitu 3 tahun yang lalu.

Mungkin kalau dulu kamu sering diingatkan oleh saudaramu, jadi kamu cenderung nurut dan langsung sadar.

Itulah beruntungnya kamu dulu, masih ada yang pedulikan dan mengingatkan jika salah, walaupun diam-diam tapi saudaramu tetap tau pada akhirnya.

Begitu pula dengan saya, saya juga merasa beruntung karena ketika saya salah waktu itu, saudaramu ikut mengingatkan saya.

Meski suatu perasaan sulit dihilangkan begitu saja, tapi inilah resikonya, kalau salah ya tetap salah.

Tulisan ini sangat telat dibuat. Apa yang kamu jalani sekarang telah mendahului tulisan ini. Tapi sebenarnya saya sudah tau sebelumnya, hanya saja saya mencoba bungkam dan ikhlas. Ikhlas karena tidak setiap apa yang kita suka bisa kita miliki. Tidak setiap orang yang kita sayang, bisa hidup bersama dengan kita.

Saya membuat tulisan ini bukannya ingin mencampuri urusan hidup orang lain, tapi saya hanya peduli terhadap orang yang masih saya sayang sampai sekarang. Walau saya tau bahwa kamu sekarang milik orang lain dan memiliki orang lain.

Apabila orang-orang tau ini yang sudah bertahun-tahun lamanya, mungkin mereka akan menilai bahwa ini suatu kegilaan. Saya tegaskan ini bukan suatu kegilaan, karena sesuatu yang didasari dengan ketulusan tidak akan pernah pudar sampai kapanpun.

Ini bukan berbicara tentang “cinta”, tetapi ini tentang “sayang”. Dan saya sadar bahwa sayang tidak harus memiliki.

Semoga kamu bisa mengingat dan mengamalkan apa yang kamu nasihatkan dulu kepada saya.

#20Agustus2016

Leave a Reply

