Posted: 15 June 2015 in HADIS

“Janganlah salah seorang dari kalian mengharapkan mati karena sakit yang dideritanya. Jika tidak ada jalan lain kecuali itu maka katakanlah, ‘Ya Allah, hidupkanlah aku jika hidup itu lebih baik bagiku. Dan wafatkanlah aku jika kematian itu lebih baik bagiku’,” (HR. Al-Bukhari: 5671, Al-Fath: 10/156-158).

“Apabila kalian mendengar kokok ayam jantan maka mintalah kepada Allah karunia-Nya, karena ayam itu telah melihat malaikat. Dan apabila kalian mendengar suara keledai maka berlindunglah kepada Allah dari setan, karena keledai itu telah melihat setan,” (HR. Al-Bukhari: 3303, Al-Fath: 6/431).

“Tidaklah seorang hamba yang diberi suatu kepemimpinan oleh Allah, lalu ia tidak melakukannya dengan jujur, melainkan ia tidak akan mendapatkan harumnya surga,” (HR. Al-Bukhari: 7150, Al-Fath: 13/158-160).

“Sesungguhnya di surga terdapat sebuah pohon yang rindangnya tidak bisa dilewati oleh seorang yang menunggangi kendaraan selama 100 tahun,” (HR. Al-Bukhari: 3251, Al-Fath: 6/393).

“Sesungguhnya kalian akan rakus terhadap kekuasaan dan kalian akan menyesal pada hari kiamat nanti. Maka ia merupakan sebaik-baiknya penyusunan (awal kepemimpinan), dan ia merupakan seburuk-buruknya penyapihan (akhir kepemimpinan),” (HR. Al-Bukhari: 7148, Al-Fath: 13/156-157).

“Janganlah kalian saling membenci, jangan saling iri, dan jangan saling memusuhi. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Dan tidak halal seorang muslim menjauhi (karena bermusuhan) saudaranya lebih dari tiga hari,” (HR. Al-Bukhari: 6065, Al-Fath: 10/589-593).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s