LANSIA

Posted: 8 June 2014 in KESEHATAN

Seiring dengan bertambahnya umur berarti sedikit demi sedikit menuju tahap lansia. hmmm…

Lansia merupakan usia yang mendekati akhir siklus kehidupan manusia di dunia. Usia tahap ini dimulai pada usia 60 tahun sampai akhir kehidupan (Hasan, 2006).

Masa lansia dibagi dalam tiga kategori yaitu: orang tua muda (young old = 65-74 tahun), orang tua tua (old-old 75-84 tahun) dan orang tua yang sangat tua (oldest old = 85 tahun ke atas), (Papalia, 2005).

Penuaan terbagi atas penuaan primer (primary aging) dan penuaan sekunder (secondary aging). Pada penuaan primer tubuh melemah dan mengalami penurunan karena proses normal yang alamiah. Pada penurunan sekunder terjadi proses penuaan karena faktor-faktor ekstrinsik seperti lingkungan atau perilaku, (Hasan, 2006).

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa masa dewasa akhir atau masa lanjut usia merupakan periode terakhir dalam rentang hidup manusia, dimulai pada usia 60 tahun dan akan berakhir dengan kematian. Individu pada usia ini diharapkan telah mencapai kematangan dan kebijaksanaan. Periode ini juga ditandai oleh penurunan fisik.

Sama seperti periode sebelumnya dalam rentang kehidupan seseorang, usia lanjut ditandai dengan perubahan fisik dan psikologis tertentu. Efek-efek tersebut menentukan sampai sejauh tertentu, apakah pria atau wanita usia lanjut akan melakukan penyesuaian diri secara baik atau buruk (Hurlock, 1999).

Bukan berarti kematian itu ditentukan oleh usia yang bertambah, sudah menginjak usia lanjut (tua) atau belum. Pada intinya setiap orang tidak tahu kapan kematian akan menghampirinya, yang kita lakukan adalah selalu mengingat kematian dan mempersiapkan diri, tak peduli usia masih mudah ataupun tua, harus selalu mengingatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s